Entri Populer

Sabtu, 12 Maret 2011

variasi teknik dasar bola basket

1. Passing (and Catching)
Passing adalah suatu Teknik dasar yang paling pertama kali diajari untuk pemula. gerakan ini adalah untuk mengoper bola kepada teman. awal gerakan ini dimulai dengan menahan bola dengan kedua tangan didepan dada. dalam passing mengenal 3 variasi yaitu :

a. Chest Pass (operan setinggi dada).
passing ini dilakukan dengan dua tangan memegang bola setinggi dada, kemudian melakukan operan dengan kedua tangan setinggi dada pula.

b. Overhead Pass (operan diatas kepala)
sama seperti chest pass, pemain memegang bola dengan kedua tangan setinggi dada, kemudian dioperkan dengan melambungkan bola melewati atas kepala (lawan). pemain yang menangkap bola lambung seperti ini biasanya diharuskan melompat untuk mengambil bola.

c. bounce pass (operan pantulan)
dengan menahan bola dengan kedua tangan setinggi dada, pemain meng-oper bola dengan mendorong bola kearah lawan dengan memanfaatkan pantulan di lantai.

semua teknik Passing ini memerlukan tenaga dan latihan yang rutin. suatu passing yang baik akan memudahkan teman mengambil bola dan mencetak nilai. passing yang buruk hanya akan mengakibatkan tim kehilangan kontrol bola dan merusak permainan.


2. Dribble

Dribble adalah gerakan dasar yang harus dikuasai oleh seluruh pemain bola basket. gerakan ini adalah untuk menggiring bola dari satu titik ke titik yang lain. caranya adalah dengan memantulkan bola kelantai dan ketangan. pemain boleh melakukan dribble setelah mendapat operan. dribble bisa dilakukan dengan satu tangan ataupun bergantian tangan, namun tidak diperkenankan menggunakan dua tangan sekaligus. dribble juga hanya diperbolehkan dengan menepuk sisi atas atau sisi samping atas bola.

dalam teknik ini harus diketahui pula 3 pelanggaran dasar yang menghantui dibalik teknik ini

a. Double Dribble
adalah pelanggaran dimana seseorang men-dribble bola, kemudian menangkap bola tersebut dengan dua tangan, dan melakukan dribble lagi. hal ini dianggap pelanggaran yang berakibat pemain kehilangan penguasaan bola.

b. Travelling
adalah pelanggaran dimana pemain melangkah lebih banyak dari ketentuan yang diperbolehkan. dalam satu gerakan dribble (1 kali pantulan kelantai), pemain hanya boleh melangkah sebanyak 2 langkah, lebih dari itu akan dianggap Travelling.

c. Carry The Ball
adalah pelanggaran dimana pemain melakukan dribble dan menahan bola pada bagian bawah bola. gerakan ini illegal karena dianggap melakukan 2 pelanggaran diatas yaitu Double Dribble dan Travelling.


Teknik Dribble sendiri juga terbagi kedalam banyak variasi dribble yang sangat membutuhkan keterampilan dan kecekatan tangan.

3, Shooting (menembak)
Shooting adalah suatu usaha untuk memasukkan bola kedalam ring dan mencetak angka. suatu shooting yang baik adalah lemparan yang memiliki bentuk parabola (setengah lingkaran).gerakan ini memiliki dasar yaitu dengan jari jari tangan kanan(telapak tangan tidak menyentuh bola) mengangkat bola setinggi kepala dan dengan tangan kiri memegang sisi bola untuk membantu kontrol bola. bola dilempar dengan tangan mendorong kearah atas dan gerakan pergelangan tangan mengayun kebawah untuk memutar bola (gerakan pergelangan ini mirip dengan kita mengambil roti yang ada diatas lemari)

shooting memerlukan kekuatan otot lengan, otot kaki dan otot perut (untuk melompat).

teknik dasar shooting ini terbagi lagi dalam beberapa teknik lanjutan dan variasi, diantara :

a. Jump Shot
gerakan shooting bola dari jarak menengah (tidak dibawah ring) dengan cara melompat. suatu jump shot yang baik adalah pada saat melompat, pemain menahan bola dan baru melepaskan tembakan pada titik tertinggi lompatannya. hal ini untuk memperoleh hasil yang maksimal dan mencegah lawan menghadang pergerakan bola.

b. Fade Away Jumper Shot
gerakan ini mirip dengan jump Shot, namun dengan sedikit variasi yaitu pemain yang hendak melakukan shooting, melompat mundur dan pada puncak tertinggi lompatannya baru melepaskan tembakan. gerakan ini sulit dipelajari karena membutuhkan kekuatan otot perut, otot lengan dan otot kaki.

c. Lay - Up Shot
gerakan ini biasanya dimulai dengan berlari sambil dribble bola kearah ring, dan pada saat mendekati ring, pemain menangkap bola dengan satu atau dua tangan dan mengambil 2 langkah terakhir kemudian melompat mendekati ring sambil melepaskan tembakan. biasanya dilakukan oleh pemain yang memiliki kelincahan tubuh, kemampuan penguasaan bola yang baik dan kecepatan.

d. Three Points Shot
adalah gerakan shooting diluar garis perimeter (garis melengkung yang ada diujung lapangan). tim yang berhasil memasukkan bola dari luar garis perimeter akan memperoleh 3 angka

e. Turn Around Jumper Shot
gerakan ini diawali dengan membelakangi ring dan kemudian berputar 180 derajat dan melakukan jump shot. pemain yang banyak melakukan Turn Around Jumper Shot biasanya terbatas kepada pemain tengah atau Center yang memiliki postur tinggi besar

f. Slam Dunk
Slam Dunk biasanya dilakukan oleh pemain yang memiliki lompatan yang sangat tinggi sehingga dapat memasukkan bola dengan melesakkan bola kedalam ring sambil bergantungan di ring. apabila suatu pemain melakukan Slam Dunk ditengah tengah permainan, biasanya dapat berakibat menjatuhkan mental lawan.


masih banyak variasi variasi shooting lainnya yang tidak dapat disebutkan satu persatu. latihan yang keras, rutin dan baik akan meningkatkan kemampuan shooting anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar